Dunia Arab

Pemilu Parlemen Ditunda, Revolusi Mesir Kedua Kian Bergolak

Militer Mesir menunda pemilihan parlemen hingga bulan November mendatang. Dengan demikian, pemilihan parlemen diundur dua bulan dari jadwal yang direncanakan sebelumnya.”Pemilihan Umum Majelis Rakyat dan Dewan Syura diputuskan untuk ditunda pada bulan Oktober atau November,” demikian disampaikan Kantor Berita MENA yang mengutip penjelasan seorang pejabat senior militer Mesir.

Militer Mesir mengumumkan bahwa pendaftaran calon kandidat anggota parlemen akan dimulai pada bulan September. Penundaan pemilu perlemen tentunya memperdalam ketidakpercayaan masyarakat kepada Dewan Militer Mesir. Selain itu, rakyat Mesir akan mempertanyakan kinerja militer dan janjinya untuk memulai penyerahan kekuasaan ke rakyat.

Penundaan pemilu parlemen diumumkan saat ribuan pengunjuk rasa masih berkemah di Bundaran Al-Tahrir, Kairo, pada hari kelima Revolusi Mesir Kedua.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan yang menentang Kementerian Dalam Negeri dan Dewan Militer. Mereka mengimbau Field Marshal, dan Hussein Tantawi supaya mengundurkan diri dari jabatan mereka.

Dalam beberapa hari terakhir ini, para pendemo menggelar aksi unjuk rasa serentak di Kairo dan kota-kota besar lainnya. Mereka menyatakan tetap akan menggelar demonstrasi selama tuntutan mereka tak terpenuhi. Di antara tuntutan mereka adalah pengunduran diri Kepala Dewan Militer, Marsekal Mohamed Hussein Tantawi dan penyerahan kekuasan kepada rakyat.

Setelah lengsernya rezim Mubarak, Dewan Militer mengambil alih kekuasaan di Mesir. Meski demikian, banyak warga Mesir yang percaya bahwa Dewan Militer berusaha menggagalkan gerakan revolusi di Mesir. Revolusi tahap kedua di Mesir ini diharapkan dapat mempercepat proses revolusi total di negara ini dan membersihkan bekas antek-antek rezim Mubarak. (IRIB/PressTV/AR)

dikutip dari;http://indonesian.irib.ir/index.php?option=com_content&view=article&id=34659

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: